Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Dharma Wacana menjadi tuan rumah Program Bina Desa Wilayah I Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Pertanian Indonesia (BINDESWIL IBEMPI Wilayah Sumatera).  Peserta yang hadir pada kegiatan tersebut diantaranya adalah perwakilan dari Universitas Sriwijaya, Universitas Riau, Universitas Bengkulu, Universitas Andalas, Universitas Jambi, UIN Suska Riau, Universitas Dahasen Bengkulu, dan Universitas Baturaja.  Selain itu kegiatan BINDESWIL IBEMPI 2020 wilayah Sumatera juga dihadiri oleh perwakilan IBEMPI Wilayah 4 dari BEM Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur sebagai undangan.

Kegiatan BINDESWIL IBEMPI 2020 dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 27—29 Februari 2020. Rangkaian kegiatan BINDESWIL IBEMPI 2020 dibuka dengan kegiatan seminar nasional yang dilaksanakan pada hari pertama, dilanjutkan dengan bina desa pada hari ke dua, dan ditutup dengan kegiatan fieldtrip ke PT Great Giant Food pada hari ke tiga.

Kegiatan seminar nasional BINDESWIL IBEMPI menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ir. Gembong Danuningrat, Guru Besar Universitas Gajah Mada sekaligus Owner CV. Pandawa Multi Kencana Farm Yogyakarta.  Tema seminar nasional tersebut adalah Optimalisasi Potensi Desa Demi Terwujudnya Perekonomian Desa Yang Kuat.  Seminar nasional tersebut selain diikuti oleh BEM Pertanian se Sumatera juga diikuti oleh perwakilan penyuluh pertanian se propinsi Lampung.

Kegiatan Bina Desa dilakukan di Kelurahan Karang Rejo, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro, sebagai salah satu daerah penghasil sayuran di Kota Metro. Kegiatan yang dilakukan dalam Bina Desa tersebut adalah penyuluhan dan pendampingan petani sayuran menuju pertanian organik.  Selain itu pada kegiatan Bina Desa juga dilakukan FGD (Focus Group Discussion) mengenai permasalahan-permasalahan yang dialami oleh petani.

Kegiatan BINDESWIL IBEMPI 2020 ditutup pada hari ke tiga dengan melakukan kunjungan lapangan (Fieldtrip) ke PT GGF di Terbanggi Besar, Lampung Tengah.  Pada kegiatan fieldtrip tersebut peserta memperoleh penjelasan dari manajemen PT GGF mengenai profil perusahaan.  Selain itu, peserta fieldtripdiajak melihat langsung proses pemanenan nanas, mengunjungi pusat produksi kompos, dan peternakan sapi yang berada di PT GGF.

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *