Mahasiswa STIPER Dharma Wacana Terpilih Mewakili Indonesia pada Program Youth Changemaker Volunteering Chapter Malaysia

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Dharma Wacana Metro berhasil mewakili Provinsi Lampung dan Indonesia pada Program Youth Changemaker Volunteering Chapter Malaysia Batch V. Program ini diselenggarakan oleh Changemaker Indonesia yang bekerjasama dengan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) pada tanggal 14-17 maret 2023 di Malaysia. Mahasiswa yang mewakili Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Dharma Wacana Metro adalah Amalia Dwi Prasetiani.

Youth Changemaker Volunteering Chapter Malaysia Batch V merupakan sebuah program pengabdian yang ditujukan kepada pemuda-pemudi Indonesia dari berbagai latar belakang. Dengan adanya program ini, diharapkan pemuda-pemudi Indonesia dapat mengabdikan dirinya secara sukarela dalam bidang edukasi pendidikan, kesehatan serta menanamkan jiwa nasionalisme dan kewirausahaan kepada para PMI terkhusus anak-anak PMI di salah satu Sanggar Bimbingan KBRI di Malaysia.

Amalia Dwi Prasetiani, menuturkan bahwa program Youth Changmaker Voluntering Chapter Malaysia Batch V sebagai bentuk pengabdian dan rasa cintanya kepada Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertamanya dalam pengabdian di bidang pendidikan, kewirausahaan dan kesehatan karena biasanya yang diikuti adalah program pengabdian di bidang pertanian. Sambung Amalia, ‚ÄúDengan mengikuti Program Youth Changemaker Volunteering Chapter Malaysia Batch V saya dapat berbagi pengetahuan mengenai ragam budaya Indonesia dan wawasan kebangsaan dengan anak anak Indonesia yang berada di Tanah Melayu.”

Maya Andzela, Founder Changemaker Indonesia menuturkan sebanyak 700 orang telah mendaftar dan mengikuti proses seleksi, namun hanya 30 orang yang dinyatakan berhasil lolos atau terpilih menjadi delegasi dan berkesempatan melakukan pengabdian di Sanggar Bimbingan Sentul, Malaysia. Adapun proses seleksi dilakukan 2 tahap yakni seleksi administrasi dan Focus Group Discusion (FGD).

Prof. Soni Isnaini selaku Ketua STIPER Dharma Wacana mensuport setiap mahasiswa, khususnya Amalia Dwi Prasetiani yang memiliki potensi untuk terus berkembang di kancah Nasional maupu Internasional. Hal ini diaminkan oleh Bpk. Dr. Zulkarnain selaku Waka III Bidang Kemahasiswaan, dan beliau berharap sdri Amalia Dwi Prasetiani dapat memotivasi dan menyemangati adik-adik mahasiswa STIPER Dharma Wacana untuk dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara Indonesia, khususnya Kota Metro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *